Vanilla Custard Cream Donuts
by Rinsa Marchiany

Sebelumnya saya share resep adonan donat dengan 2 kuning telur. Kali ini bikin yg pakai satu butir telur utuh. Enak mana?? Dua2nya enaaakkk. Empuukkk. Hny ada sedikit perbedaan tekstur, kalau pakai telur utuh pastinya lbh kinyel/membal. Tapi sama2 juwaraakkk

Bahan-bahan:
Vanilla Custard Cream:
3 butir kuning telur
45 gr gula pasir
25 gr maizenna
350 ml susu UHT plain
50 gr heavy cream (whipping cream cair)
1 sdt vanila esens (cair)

Donut:
160 ml susu UHT plain
50 gr gula pasir
5 gr ragi instan
1 butir telur utuh
350 gr tepung protein tinggi
40 gr mentega
1/2 sdt garam

Tambahan:
Minyak untuk menggoreng
Gula pasir / halus untuk cover donut

Langkah:
1. Untuk krim vanila. Dalam WADAH A, kocok kuning telur dengan gula pasir hingga larut. Masukkan maizenna, aduk-aduk sampai halus (tidak ada gumpalan).
2. Pada WADAH B (pakai panci anti lengket), campurkan susu dan krim cair. Hangatkan dengan api kecil (tidak usah sampai mendidih).
3. Tuang bahan WADAH B selagi hangat ke dalam WADAH A sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Kemudian masak kembali dengan api sedang, aduk-aduk hingga mengental. Matikan api. Angkat. Aduk terus untuk menurunkan suhu.
4. Ketika sudah mulai dingin, tuangkan vanila esens. Aduk merata. Masukkan dalam pipping bag. Sisihkan.

5. Untuk adonan donat. Campur jadi satu: susu, gula, ragi, dan telur. Aduk-aduk. Masukkan tepung, lalu uleni hingga bahan tercampur rata (kurleb 5 menit)
6. Saat setengah kalis, tambahkan mentega dan garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis.
7. Bulatkan adonan. Tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama 45 menit. (Proofing 1)
8. Kempiskan adonan. Uleni satu menit untuk membuang gelembung2 udara. Bagi menjadi beberapa bagian (sesuai selera), bulatkan. Diamkan 10 menit agar adonan rileks.

9. Tekan masing-masing adonan dengan telapak tangan (perlahan saja) agar adonan menjadi ceper/ pipih. Tutup dengan serbet. Diamkan lagi 30 menit. (Proofing 2)
10. Panaskan minyak, goreng donat dengan api kecil. (Ingat: balik donat sekali saja pada saat menggoreng. Jadi pastikan satu sisi matang/ berwarna coklat sesuai yg diinginkan, baru dibalik). Angkat dan tiriskan.

11. Gulingkan donat pada gula pasir atau gula halus. Beri sedikit bolongan pada bagian pinggir donat, lalu isi dengan vanilla custard cream. Donat siap dinikmati.
12. TIPS:
agar bentuk donat bulat indah, hindari penggunaan tangan langsung pada adonan setelah proofing 2. Saya biasa memakai kertas roti atau aluminum foil yang digunting kotak-kotak seukuran donat sebagai alas. Jadi pada saat akan menggoreng, yang kita angkat adalah alasnya.

SOURCE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.