Berbicara mengenai sajian Ayam Semur tentu masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi. Semur bahkan menjadi comfort food banyak rumah tangga di Indonesia. Bumbunya yang menyerap hingga ke tulang-tulang ayam menjadi alasan mengapa semua orang menyukai masakan ini. Hingga kini, semur telah dikreasi dalam banyak varian seperti Semur Betawi, Semur Manado, Semur Tahu, dan Ayam Semur Bumbu Bali yang kali ini resepnya kami sajikan untuk Bunda.

Meski beragam varian namun pada dasarnya mereka menggunakan bahan utama kunci kelezatan yang sama, yaitu kecap, ayam, dan rempah. Pertama, pilihan kecap, karena setiap kecap mempunyai karakteristik rasa yang berbeda. Ada yang lebih asin, ada yang dominan manis, bahkan aroma yang menusuk hidung alias pedas. Gunakan kecap berkualitas baik yang bertekstur kental dan warna hitam pekat.

Selanjutnya, saat mengoreng ayam pastikan minyak benar-benar panas. Setelahnya, goreng ayam dengan api yang sedang hingga mulai matang keemasaan. Jangan sampai kering, karena nantinya daging bisa keras setelah dibumbui kecap. Dan yang terakhir adalah rempah, ya karena masakan semur identik dengan rasa dan aroma kayu manis, cengkeh, kapulaga dan bunga lawang.

Nah penasaran dengan rasa Ayam Semur Bumbu Bali kan? Yuk, tengok dulu resep berikut ini, Bun!

RESEP DAN ARTIKEL INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIRESEP KEKINIAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.